Kamis, 21 Maret 2013

KUALITAS DAN CIRI-CIRI TEKNIK EVALUASI YANG BAIK

KUALITAS DAN CIRI-CIRI TEKNIK EVALUASI YANG BAIK
BAB I
PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang
Untuk mengukur kesesuaian, efesiensi, dan kemantapan (consistency)  suatu alat penilaian atau suatu tes dipergunakan bermacam-macam kualitas seperti validitas, keandalan, objektifitas, dan kepraktisan (practibility).
Validitas (kesahihan) adalah kualitas yang menunjukan hubungan antara suatu pengukuran (diagnosis) dengan arti atau tujuan kriteria belajar atau tingkah laku. Beberapa kriteria dapat dipilih untuk memperhatikan keefektifan terhadap peramalan performance yang akan datang (yang akan terjadi), kriteria yang lain untuk menunjukan status yang muncul, kriteria yang lain lagi untuk menimbulkan sifat-sifat yang representatif dari luasnya isi atau tingkah laku, dan kriteria yang lain lagi untuk (melengkapi) penyediaan data untuk menunjang atau menolak beberapa teori psikologis.
Keandalan adalah kualitas yang menunjukan kemantapan (consistency) ekuivalensin atau stabilitas suatu pengukuran yang dilakukan.
Objektifitas adalah kualitas yang menunjukan identitas atau kesamaan dari skor-skor atau diagnogsis yang diperoleh dari data yang sama dari penskor-penskor kompeten yang sama.
Kepraktisan (practicability) adalah suatu kualitas yang menunjukan kemungkinan dijadikannya suatu kegunaan umum dari suatu teknik penilaian, dengan mendasarkannya pada biaya, waktu yang diperlukan untuk menyusun, kemudahan penyusunan, mudahnya penskoran, dan mudahnya penginterpretasian hasil-hasilnya.
2.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Apa yang dimaksud dengan validitas?
2.    Apa yang dimaksud keandalan?
3.    Apa yang dimaksud objektifitas?
4.    Apa yang dimaksud kepraktisan?

3.    Tujuan Masalah
Dari rumusan masalah di atas dapat diperoleh tujuan sebagai berikut:
1.    Dapat mengetahui maksud dari validitas.
2.    Dapat mengetahui maksud dari keandalan.
3.    Dapat mengetahui maksud dari objektifitas.
4.    Dapat mengetahui maksud dari kepraktisan.

BAB II
PEMBAHASAN
1.    Validitas
Validitas merupakan syarat terpengting dalam suatu alat evaluasi. Suatu teknik evaluasi dikatakan mempunyai validitas yang tinggi (disebut valid) jika teknik evaluasi atau tes itu dapat mengukur apa yang sebenarnya akan diukur. Validitas bukanlah suatu ciri atau sifat yang mutlak dari suatu teknik evaluasi, akan tetapi merupakan suatu ciri yang relatif terhadap tujuan yang hendak dicapai oleh pembuat tes. Teknik yang sama dapat digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda, dan validitasnya dapat berbeda-beda dari yang tinggi kepada yang rendah, bergantung pada tujuan. Oleh karena itu, validitas harus ditentukan dalam hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai dengan alat evaluasi itu.
2.    Keandalan
Keandalan (raliability) adalah ketepatan atau ketelitian suatu alat evaluasi. Suatu tes atau alat evaluasi dikatakan andal jika ia dapat dipercaya, konsisten, atau stabil dan produktif. Jadi, yang dipentingkan di sini adalah ketelitiannya: sejauh mana tes atau alat tersebut dapat dipercaya kebenarannya.
Keandalan suatu tes dinyatakan dengan coeficient of reliability (r), yaitu dengan jalan mencari korelasi. Misalnya:
1)   Dengan metode dua tes: dua tes yang paralel dan setaraf (ekuivalen) diberikan kepada sekelompok anak. Hasil kedua tes tersebut kemudian dicari korelasinya.
2)   Dengan metode satu tes: sebuah tes diberikan kepada sekelompok murid yang sama, tetapi dalam waktu yang berbeda. Kedua hasil tes itu kemudian dicari korelasinya.
3)   Metodesplit-half” (masih dengan satu tes): suatu tes dibagi menjadi dua bagian yang sama tingkat kesukarannya, sama sis dan bentuknya. Kemudian dilihat skor masing-masing bagian paruhan tes tersebut dan dicari korelasinya.
4)   Termasuk “split-half method” dengan cara lain yang tidak memerlukan perhitungan korelasi, yaitu sebagai berikut. Dengan menggunakan deviasi standar masing-masing dari kedua bagian tes dan deviasi standar seluruh tes. Rumusnya:
Keterangan:
SI   = DS dari  tes yang pertama
SII  = DS dari  tes yang kedua
St    = DS dari seluruh tes
5)   Dengan metode Kuder-Richardson, yaitu dengan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh dua orang ahli measurement yang bernama Kuder dan Richardson. Koefisien korelasinya terkenal dengan KR 21 dan KR 20.
Menurut Kuder-Richardson, keandalan suatu tes dihitung dengan mencari:

KR 21

KR 20
Keterangan:
n     = jumlah item dalam tes
St    = DS untuk seluruh tes
p     = mean dibagi jumlah item
q     = 1 – p
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keadalan suatu tes
1)   Luas-tidaknya sampling yang diambil
Makin luas suatu sampling, berarti tes makin andal.
2)   Perbedaan bakat dan kemampuan murid yang di tes
Makin variabel kemampuan peserta tes, berarti makin tinggi keadalan koefisien tes. Tes yang diberikan kepada beberapa tingkat kelas yang berbeda lebih tingi keadalannya dari pada yang hanya diberikan kepada beberapa kelas yang sama karena tingkat kelas yang berbeda akan menghasilkan achievement yang lebih luas.
3)   Suasana dan kondisi testing
Suasana ketika berlangsung testing, seperti tenang, gaduh, banyak gangguan, pengetes yang marah-marah dapat mengganggu pengerjaan tes sehingga dengan demikian mempengaruhi pula hasil dan keandalan tes.
3.    Objektifitas
 Objektifitas suatu tes ditentukan oleh tingkat atau kualitas kesamaan sekor-sekor yang diperoleh dengan tes tersebut meskipun hasil tes itu dinilai oleh beberapa orang penilai. Untuk ini diperlukan kunci jawaban tes (sekoring key).
Kualitas objektifitas suatu tes dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan, yaitu:
-       Tinggi,
-       Sedang,
-       Fleksibel.
1)   Objektifitas tinggi ialah jika hasil-hasil tes itu menujukkan tingkat kesamaan yang tinggi. Contohnya: tes yang sudah distandardisasi, hasil penskorannya sangat objektif.
2)   Objektifitas sedang ialah seperti tes yang sudah distandardisasi, tetapi pandangan subjektif skor masih mungkin muncul dalam penilaian dan interpretasinya.
3)   Objektifitas fleksibel ialah seperti beberapa jenis tes yang digunakan oleh LBP (Lembaga Bimbingan dan Penyuluhan) untuk keperluan counseling, misalnya tes yang bersifat open-end item (open-end questionaires).
4.    Kepraktisan
Kepraktisan suatu tes penting juga diperhatikan. Suatu tes dikatakan mempunyai kepraktisan yang baik jika kemungkinan untuk menggunakan tes itu besar. Kriteria untuk mengukur praktis-tidaknya suatu tes dapat dilihat dari:
a)    biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan tes itu,
b)   waktu yang diperlukan untuk menyusun tes itu,
c)    sukar-mudahnya menyusun tes itu,
d)   sukar-mudahnya menilai (scoring) hasil tes itu,
e)    sulit-tidaknya menginterpretasikan (mengolah) hasil tes itu,
f)    lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan tes itu.
Tentu saja menetukan ukuran yang tepat untuk kritria tersebut diatas itu sukar karena penentuan mahal-murah, lama dan tidak, sukar dan mudah, itu relatif, bergantung pada dan dipengaruhi oleh berbagai faktor.


BAB III
PENUTUP
1.    Kesimpulan
Validitas (kesahihan) adalah kualitas yang menunjukan hubungan antara suatu pengukuran (diagnosis) dengan arti atau tujuan kriteria belajar atau tingkah laku. Keandalan adalah kualitas yang menunjukan kemantapan ekuivalensin atau stabilitas suatu pengukuran yang dilakukan. Objektifitas adalah kualitas yang menunjukan identitas atau kesamaan dari skor-skor atau diagnogsis yang diperoleh dari data yang sama dari penskor-penskor kompeten yang sama. Kepraktisan adalah suatu kualitas yang menunjukan kemungkinan dijadikannya suatu kegunaan umum dari suatu teknik penilaian, dengan mendasarkannya pada biaya, waktu yang diperlukan untuk menyusun, kemudahan penyusunan, mudahnya penskoran, dan mudahnya penginterpretasian hasil-hasilnya.
2.    Saran
Semoga apa yang kami kerjakan dapat bermanfaat bagi teman-teman. Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu saran dari teman-teman sangat kami butuhkan.


DAFTAR PUSTAKA
Purwanto, M.Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: Remaja Rosdakarya.

1 komentar:

  1. Pemilik blog yang terhormat.
    Tidakah kamu tahu bahwa tulisan warna merah itu merusak terhadap kesehatan mata. Tidak boleh. Blogmu bagus, namun saya yakin orang / pengunjjung tdk akan tahan (kapok) membaca dengan warna merah ini. Silahkan diedit pengaturan postingannya (warna pont). Terima kasih

    BalasHapus